Abrams Varian Terbaru AS Media Gagah-gagahan Negara Adi Daya

Peluncuran varian terbaru dari Main Battle Tank M1A2 Abrams dengan perangkat pertahanan tambahan dan peningkatan daya tembak oleh Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) adalah yang pertama dari serangkaian kendaraan baru dengan peningkatan signifikan. M1A2 merupakan satu dari enam System Enhancement Package versi 3 (SEPv3) yang telah unjuk kebolehan pada awal bulan Oktober 2017 yang lalu di Joint Systems Manufacturing Center workforce tank in Lima, Ohio.

Mayjen David Bassett selaku pejabat pelaksana program Ground Combat Systems mengatakan “Ini adalah langkah maju yang bagus dalam keandalan, keberlanjutan, perlindungan, dan peningkatan kekuatan tank Abrams dan tim tempur brigade lapis baja ABCT kami, untuk masa depan.”
“Meskipun anggaran minim yang cukup menghambat kemampuan kita untuk berkarya dalam membuat kendaraan yang sama sekali baru, Abrams M1A2 SEPv3 hadir sekaligus bukti bahwa kita masih dapat memberikan perbaikan yang bermakna dan relevan secara operasional,”lanjut Mayjen David Bassett.

SEPv3 yang perlahan akan menggantikan M1A2 SEPv2 yang telah diproduksi sejak tahun 2005,melalui perbaikan M1A2 SEPv3 mencakup joint tactical radio system yang mengintegrasikan radio genggam genggam, manpack, dan radio bentuk kecil agar dapat mempertahankan komando pertempuran dan interoperabilitas komunikasi dengan tim tempur brigade masa depan.

Dilengkapinya peralatan pembangkit listrik dan distribusi tenaga yang disempurnakan, serta alat counter remote control improvised explosive device electronic warfare/Duke V3 membuat M1A2 SEPv3 konon sempurna dikelasnya. Apalagi dilengkapi juga dengan data link amunisi untuk memprogram energi kinetik advance M829A4 dan amunisi multi guna yang canggih, unit daya tambahan yang silent untuk mengoperasikan sistem on-board selama silent watch operations, dan tentunya upgrade Armor.

Letnan Kolonel Justin Shell, manajer produk Angkatan Darat untuk Abrams mengatakan “Pada akhirnya M1A2 SEPv3 merupakan konfigurasi tank Abrams yang paling modern, yang memiliki perlindungan kekuatan dan kelancaran sistem yang lebih baik dan peningkatan tingkat lethality lebih dari M1A1 dan varian M1A2 sebelumnya.”

Leave a Reply