Turki Membeli S-400 Amerika Kebakaran Jenggot

Sesuatu yang jarang sekali Amerika akui,yaitu kekhawatiran Amerika Serikat terhadap rencana Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Jika sampai hal ini terjadi maka Amerika bagaikan kebakaran jenggot.

Baca juga : Rusia Siap Mengirim S-400 Air Defense Missile Systems ke Turki

Untuk menghibur diri akan kekhawatiran itu Pentagon sejauh ini dengan meyakini bahwa kesepakatan penjualan senjata canggih tersebut belum tercapai. Ketua Kepala Staf Gabungan AS Joseph Dunford beberapa waktu yang lalu di Aspen Security Forum di Aspen Institute, Colorad mengatakan “Ada laporan media yang tidak benar, mereka belum membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia. Itu akan menjadi kekhawatiran, apakah mereka melakukan itu, tapi mereka belum melakukannya.”

Sistem pertahanan rudal S-400 ini dirancang untuk melacak dan menghancurkan berbagai jenis target udara, mulai dari pesawat pengintai hingga rudal balistik. Karena S-400 adalah sistem rudal permukaan ke udara mobile Rusia yang dapat membawa tiga jenis rudal yang berbeda yang mampu menghancurkan target udara dari jarak dekat hingga jarak yang sangat jauh.

Sampai saat ini, Rusia baru menyepakati penjualan sistem S-400 dengan China, dan perundingan tersebut sedang berlangsung dengan Turki dan India.Beberapa Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik mengatakan bahwa perundingan mengenai pengiriman sistem pertahanan udara S-400 Rusia ke Turki telah mencapai tahap akhir.

Leave a Reply