Termasuk Tank Terbaik Didunia, Namun Teknologinya Masih Tertinggal

Challenger 2 tank buatan Inggris adalah salah satu di antara tank tank terbaik di dunia,Inggris lebih dari sekadar negara yang merintis peperangan lapis baja.Challenger 2 tank yang punya bobot 62 ton tersebut memiliki reputasi dalam hal ketangguhan yang luar biasa, terbukti selama pertempuran di Irak.Namun sayang Challenger 2 belum dikembangkan ekstensif seperti rekan-rekan mereka di NATO,oleh sebab itu tekhnologinya dianggap tertinggal,walau sebetulnya desainnya lebih baru daripada Leopard atau Abrams.

Kementerian Pertahanan Inggris beberapa bulan yang lalu memberi pernyataan dengan membeberkan proposal kompetisi BAE Systems dan Rheinmetall Jerman untuk  Challenger 2 Life Extension Program (LEP) sederhana untuk memperbaiki sensor kendaraan dan komputer kontrol tembakan.Walaupun LEP bermaksud untuk meningkatkan layanan Challenger 2 sampai tahun 2035, namun kedua proposal tersebut tidak membahas masalah yang paling penting dari kendaraan tersebut.

Baca juga : Boomerang,Dari Keajaiban Teknologi Hingga Nyaris Tidak Dapat Dihancurkan

Pada saat itu Challenger 1 adalah tank Inggris pertama yang mendapatkan keuntungan dari armor komposit Chobham yang mutakhir, yang secara meyakinkan mengembalikan keunggulan pertahanan tank modern. Kita ketahui bahwa Challenger 2 memasuki layanan 15 tahun setelah Challenger 1 pada tahun 1983.Akan tetapi, Challenger 1 masih menggunakan sistem tank Chieftain yang sudah ada lebih dulu, salah satunya sistem kontrol tembakan yang lamban. Dan tank baru ini tampil buruk dalam latihan dan mengalami masalah suku cadang yang boros. Kementerian Pertahanan kemudian  menandatangani desain modern yang lebih menyeluruh pada tahun 1989 yang lalu.

Di bawah kondisi pertempuran yang sebenarnya dalam Perang Teluk Challenger 1 tampil cemerlang dengan menghancurkan 200-300 tank Irak,sementara Challenger 1 tak satupun menjadi korban. Challenger dan Abrams benar-benar menguasai medan.Saat itu pasukan Irak menerjunkan tank-tank Soviet yang sudah tua dan kesulitan untuk bisa mengalahkan armor berat semacam Challenger dan Abrams. Sementara senapan 120 milimeter di kedua tank Challenger dan Abrams bisa dengan mudah menembus baju besi lawan. Seorang kru Challenger 1 bahkan mencapai rekor tembakan jarak jauh selama konflik dengan  menghancurkan sebuah tank Irak dari jarak 3,2 mil.

Leave a Reply