Boomerang,Dari Keajaiban Teknologi Hingga Nyaris Tidak Dapat Dihancurkan

Media Rusia memberitakan bahwa pengangkut personel lapis baja amfibi BTR-80/BTR-82 yang di gunakan oleh Angkatan Darat Rusia saat ini sudah digantikan dengan kendaraan pengangkut personel lapis baja amfibi mutakhir yang lebih tangguh diberi nama Boomerang.

Alexander Krasovitsky selaku Kepala Perusahaan Industri Militer (VPK) Rusia, Sesumbar bahwa kendaraan pengangkut personel lapis baja “Boomerang” terbaru adalah keajaiban teknologi, yang tak tertandingi di dunia dan perlindungan tangguh Boomerang ini terhadap senjata presisi membuatnya hampir “tidak dapat dihancurkan”.

Lebih jauh dia juga mengatakan bahwa, Boomerang tidak sama seperti pendahulunya APC BTR-82A. “Boomerang” yang telah dipesan oleh Angkatan Bersenjata, Garda Nasional dan Kementerian Dalam Negeri Rusia ini adalah kendaraan disegala cuaca, sangat bisa diandalkan, memiliki lapis baja terbaru serta memastikan pengamatan yang lebih baik dalam mode amfibi.Kendaraan tersebut memiliki lambung yang dilas dan menara. Armornya modular, sehingga tingkat proteksi bisa disesuaikan dengan kebutuhan misi. Sejauh ini tingkat perlindungan tetap dirahasiakan. Namun sepertinya proteksi serba maksimal dengan pelindung lapis baja yang mampu menahan amunisi penembus armor 14,5 mm.

APC Boomerang ini memiliki lambung berbentuk V yang menghalangi ledakan ranjau.kendaraan ini dilengkapi dengan proteksi NBC dan sistem pemadaman api otomatis. Telah dilaporkan bahwa Boomerang dapat dilengkapi dengan sistem pelindung aktif.

Boomerang menggunakan menara tak berawak yang sama seperti APC dan IFV Kurganets. Kendaraan pengangkut personel lapis baja 8×8 ini hadir dalam dua versi dasar. Versi yang pertama dilengkapi dengan turret yang sama seperti yang digunakan pada APC Kurganets, dan dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm.

Baca juga : Irak Tertarik Membeli Tank T-90 Rusia

Akses keluar dan masuk personil militer pada kendaraan baru tersebut melalui bagian belakang dengan pintu yang dioperasikan oleh listrik,sementara mesin bumerang tersebut terletak pada lambung bagian depan. Itu sangat tepat mengingat bahwa sebuah mesin yang diletakkan dibagian belakang dari APC seri BTR adalah kelemahan yang signifikan, karena pasukan harus keluar ataupun masuk kendaraan melalui pintu samping.

Sekali lagi Alexander Krasovitsky mengatakan Boomerang tak tertandingi di dunia karena ia menawarkan teknologi yang lebih maju dan lebih murah dibandingkan dengan kendaraan Patria buatan Finlandia maupun Stryker buatan Amerika Serikat yang pernah ditawarkan. Panglima Angkatan Bersenjata Rusia, Oleg Salyukov mengatakan bahwa dalam kemampuan persenjataan, APC Boomerang (panser)akan sebanding dengan kendaraan tempur berlapis baja(Tank).

Kendaraan pengangkut personel lapis baja boomerang ini memiliki awak 3 orang, termasuk komandan, supir dan penembak. Kendaraan ini bisa membawa 9 tentara. Port penembakan untuk pasukan telah dihapuskan agar tidak membahayakan pelindung lapis baja.

Reply