Turki Semakin Percaya Diri Dengan Misil Buatan Sendiri

UMTAS diujicoba pada pesawat Super Tucano. Photo Kredit : Turkish Aerospace Industries (TAI)

Angkatan Bersenjata Turki (TSK) secara resmi akan menggunakan rudal udara ke darat buatan Roketsan yang diberi nama UMTAS (Uzun Menzilli Tanksavar Sistemi).Informasi dari kantor berita milik negara Turki Anadolu Agency melaporkan bahwa Angkatan Darat Turki memperoleh satu sistem peluncuran UMTAS dengan delapan ATPM UMTAS pada tanggal 02 Juni.

UMTAS adalah rudal dengan pemandu laser yang fungsi utamanya untuk menghancurkan target statis maupun bergerak didarat. Tank, kendaraan,adalah santapan empuk misil buatan local Turki ini. Dengan berat total 37,5 kg, UMTAS dapat dikaitkan dengan hulu ledak anti-tank atau juga bisa hulu ledak fragmentasi dengan tingkat eksplosif tinggi.

menurut sumber dari internal Militer Turki, UMTAS selain dipakai oleh Angkatan Darat, yang saat ini menjadi senjata utama dari T129 attack helicopter, Rudal udara ke darat ini juga akan dipakai oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

Tampaknya Turki makin percaya diri dengan kemampuan misil buatan mereka.Undertecretariat Industri Pertahanan Turki (SSM) yang merupakan marketing UMTAS mulai melirik pasar export. Saat ini, Pakistan adalah salah satu target Turki untuk menggunakan UMTAS.

Baca juga : Pakistan Pesan Kapal Patroli Belanda