Rusia Siap Mengirim S-400 Air Defense Missile Systems ke Turki

Dalam sebuah forum pertemuan bersama kepala kantor berita dunia, Presiden Vladimir Putin mengatakan, Rusia siap memasok sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 ke Turki.Putin menyatakan S-400 bisa diproduksi di Turki tergantung kesiapan industri Turki.”Kami membahas kemungkinan menjual sistem S-400. Kami siap untuk ini” kata Putin menjawab sebuah pertanyaan dari kepala kantor berita Anadolu.

“Sedangkan untuk kerja sama, ini adalah isu tersendiri yang terkait dengan kesiapan industri Turki. Kami tidak pernah memproduksi S-400 di luar Rusia. Ini telah berlangsung selama beberapa dekade dan oleh karena itu, memerlukan persiapan teknologi dan pelatihan personil berskala besar,” kata pemimpin Rusia tersebut.

Triumf S-400 adalah sistem rudal anti pesawat jarak jauh yang paling maju yang mulai dioperasikan Rusia pada tahun 2007. Senjata ini dirancang untuk menghancurkan pesawat, kapal, termasuk menghalau rudal jarak menengah, dan juga dapat digunakan untuk menghancurkan target di darat.S-400 dapat menjangkau target pada jarak 400 km dan pada ketinggian hingga 30 km.