Muak dengan Qatar, Dubes UEA Meminta Amerika Untuk Memindah Pangkalan Militernya

Yousef al-Otaiba

Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA ) untuk Amerika Serikat menyarankan Presiden Trump menggunakan pangkalan udara A.S. di Qatar sebagai alat untuk menekan pemerintah negara tersebut dalam mendukung ekstremisme.Dia berpendapat seandainya pangkalan militer AS tersebut di pindah, akan menambah tekanan kepada Qatar.

“Pangkalan udara adalah polis asuransi yang sangat bagus untuk tekanan tambahan,” kata Duta Besar Yousef al-Otaiba pada hari Selasa. “Mungkin seseorang di Kongres AS harus mendengar dan mengatakan, Anda tahu, ‘Haruskah kita mempertimbangkan untuk memindahkannya?'”

Pekan lalu, sebuah koalisi negara negara Arab yang dipimpin oleh pemerintah Arab Saudi memutuskan semua hubungan diplomatik dengan Qatar dan menuduh pemerintah negara tersebut mendukung teroris di Timur Tengah. Doha membantah tuduhan tersebut, tapi itu tidak cukup bagi pejabat Emirat.

“Kami sudah muak. Kami sudah cukup, “kata Otaiba.

Menurut Otaiba, pangkalan udara A.S. di Qatar telah memberikan perlindungan bagi pemerintah negara tersebut untuk terus mendukung ketidakstabilan di Timur Tengah tanpa henti.

“Jika saya ingin jujur, saya pikir alasan tindakan yang tidak dilakukan terhadap Qatar adalah karena pangkalan udara,” kata Otaiba.

Qatar adalah lokasi pangkalan militer terbesar Amerika Serikat di Timur Tengah. Markas utama Komando Pusat A.S. dan daerah pementasan untuk sebagian besar perang melawan Negara Islam di Irak dan Suriah berbasis di dekat Doha, ibu kota negara tersebut.