Kapal Patroli Iran “Mengganggu” Helikopter Marinir AS Menggunakan Laser

Dilaporkan, Sebuah kapal patroli angkatan laut Iran memprovokasi sebuah helikopter milik Korps Marinir A.S. yang terbang di atas Selat Hormuz dengan menyoroti Heli tersebut menggunakan sinar laser.

Diungkapkan oleh salah seorang petinggi Marinir AS, Bill Urban mengatakan pada hari Rabu bahwa kapal Iran tersebut juga menyoroti dua kapal AS yakni USS Cole yang bergerak melalui selat tersebut pada hari Selasa 13/06/2017. dia mengatakan bahwa kapal Iran itu berada dalam jarak 800 mil dari kapal induk ASS Bataan, memindai dari halangan ke buritan dengan sorotan LASER.

Helikopter angkat heavy duty CH-53E Super Stallion secara otomatis melepaskan fired flares sebagai respons terhadap laser. Tidak ada yang terluka dan tidak ada kerusakan pada kapal.

Urban mengatakan tindakan tersebut dianggap sangat provokatif dan tidak aman karena “menyorot helikopter dengan laser di malam hari berbahaya karena menimbulkan bahaya navigasi yang dapat mengganggu penglihatan dan dapat membingungkan para pilot menggunakan kacamata penglihatan malam.”

Reply