Dikucilkan Tetangga, Qatar Makin Mesra dengan Amerika?

kredit : Reuters

Ketika dikucilkan oleh negara negara Arab, Qatar malah terlihat semakin mesra dengan Amerika.Qatar baru saja deal dengan Amerika Serikat untuk pembelian jet tempur F-15.Dan kunjungan dua kapal perang Amerika ke Doha pada hari Kamis menunjukkan kedekatan hubungan militer antara AS dan Qatar.Sampai saat ini Qatar adalah kawan terdakat AS di kawasan timur tengah. dinegara ini ada pangkalan militer terbesar AS yang menjadi “rumah kedua” bagi sekitar 10.000 tentara Amerika di Timur Tengah.

Di Washington, Menteri Pertahanan Qatari Khalid bin Mohammed al-Attiyah bertemu hari Rabu dengan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan menandatangani kesepakatan untuk pembelian jet tempur F-15 yang ditaksir bernilai $ 12 miliar.

“Qatar dan Amerika Serikat telah memperkokoh kerja sama militer mereka dengan berjuang bersama berdampingan selama bertahun-tahun sekarang dalam upaya untuk memberantas terorisme dan mempromosikan masa depan martabat dan kemakmuran,” kata al-Attiyah dalam sebuah pernyataan.

Pembelian F-15 tersebut dirasa saling menguntungkan kedua belah pihak, saat ini Qatar sedang bermasalah dengan negara negara arab tetangganya seperti mendapat “teman dari jauh”. Dan bagi Amerika, Pangkalan Udara al-Udeid di Qatar adalah aset penting untuk operasionalnya di Timur Tengah.

Baca juga : Muak dengan Qatar, Dubes UEA Meminta Amerika Untuk Memindah Pangkalan Militernya

Sementara itu, USS Chinook, kapal patroli pantai, dan Penjaga Pantai AS Cutter Baranof keduanya berada di Doha pada hari Kamis, kata Cmdr. Bill Urban dari Armada 5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain. Dia menyebut perjalanan itu sebagai “kunjungan rutin ke pelabuhan,” meskipun kantor berita Qatar menyatakan bahwa mereka merupakan bagian dari “latihan bersama” dengan angkatan laut Qatar.