Tentaranya Ada Yang Terbunuh, AS Siap Menambah Beberapa Ribu Pasukan Ke Afghanistan

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis mengatakan pada hari Rabu 14/06/2017 bahwa dia sekarang memiliki wewenang untuk mengirim tambahan beberapa ribu pasukan AS ke Afghanistan, dia mengungkapakan akan segera membuat sebuah rencana mengenai bagaimana dan kapan harus berangkat.

Mattis mengatakan bahwa Presiden Donald Trump pada hari Selasa “mendelegasikan kepada saya wewenang untuk menetapkan tingkat pasukan di Afghanistan. Kami akan menentukan jalannya di depan, dan saya akan menetapkan komitmen militer” Dalam pertemuanya dengan Sekretaris Negara Rex Tillerson, dia memaparkan sebuah strategi dan misi baru pasukan AS untuk membackup Pasukan pertahanan Afghanistan dan pemerintah Kabul.

Mattis akan segera menghadirkan strategi baru untuk Trump. “Saya berbicara dalam beberapa minggu, bukan berbulan-bulan,” katanya. Menurutnya, penambahan pasukan AS perlu di prioritaskan pada Angkatan Udara.

Kepada subkomite pertahanan , Mattis tidak menyebutkan jumlah tentara tambahan AS yang akan dikirim ke Afghanistan, namun Jenderal John Nicholson, komandan AS di Afghanistan, memiliki permintaan jangka panjang untuk 3.000 Sampai 5.000.